Sudah lama nih tidak menulis perihal dunia blogging. Tetapi selama tidak menulis, saya selalu mengamati tulisan teman-teman blogger detik terkait dunia perbloggeran.  Ada yang  membahas  para blogger saat ini sudah berpindah profesi ke sosial media-twitter. Artinya banyak blogger yang lebih suka live tweet untuk menuliskan sebuah kegiatan yang dihadirinya, daripada menuliskan semua rangkaian kegiatan itu di blog pribadi mereka.  Ada juga yang membahas blog akan mati di 2012. Dan itu semua terjadi akibat  meningkatnya pengguna sosial media-twitter di Indonesia khususnya.
Kedua pembahasan teman-teman blogger detik itu, sangat menarik sekali untuk dibaca maupun di simak. Ada kalanya kita merasa jenuh dalam meng-update sebuah blog, karena berbenturan dengan berbagai macam aktifitas kerja lainnya. Saking sibuknya jadi gak sempat tuh untuk nulis, nah dalam kesempatan itu juga terpikirlah jalan pintas untuk tetap dibilang konsisten dalam meng-update blog. Apa itu jalan pintasnya??? Jalan pintasnya adalah Copy Paste.
Berbicara mengenai copy paste, dalam kesempatan kali ini saya akan membahas 2 versi blogger copy paste yang sering saya amati dan temukan di pusat pencarian, Google.com
Pertama, blog itu memang keren dan menarik, apalagi melihat beberapa tulisan blogger yang sering masuk headline ataupun sering menjadi buah cibir publik. Namun ketika itu juga saya menganggap blog itu sampah, karena semua tulisan di blognya adalah hasil copy paste milik orang lain. HUHUHU. Padahal saat itu sudah kagum, nge-fans, tetapi dia tidak kreatif sekali dalam masalah original konten. Cobakah cantumkan sumber, ini tidak ada sama sekali. Intinya blogger yang ini tidak tahu-tahu, pokoknya tulisan itu dianggapnya menarik atau menjual, pasti ditempel di blognya. Biasanya ini sering dilakukan supaya blognya mendapatkan peringkat tertinggi di Google dan dilirik oleh pemasang iklan.
Yang kedua, untuk versi yang ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang diatas. Sama-sama tidak kreatif karena mengambil karya tulisan orang lain. Tapi… ada tapinya nih. Kalau versi yang ini si blogger meng-copy paste, lalu di pelajari apa makna dari semua isi tulisan itu, kemudian di tulis ulang dengan menggunakan bahasa sendiri dan yang terkahir adalah mencantumkan sumber. Jadi ketika mendapatkan komentar kritikan dari pembaca terkait pembahasan itu, kita akan lebih mudah dalam menanggapinya. Bukan seperti versi yang diatas, yang tahunya copy paste saja, tanpa memikirkan apa efek dari perbuatannya itu.
Nah, itulah 2 versi blogger copy paste yang sering saya amati dan temukan. Semoga ini bisa bermanfaat untuk disimak dan menjadi refrensi bagi kita semua sebagai blogger. Copy paste merupakan sebuah perbuatan yang sangat memalukan. Yang namanya copy paste semuanya tidak ada yang benar, baik tulisan itu dirubah dengan gaya bahsa sendiri, maupun sudah mencantumkan sumber. Namun semua itu kembali kepada tujuan si blogger tersebut, mau dibawa kemana sih blog saya ini ??? *mengerti kan maksudku, kalau nggak! Sama dunk, saya juga bingung! mending kita sharing bersama di kolom komentar …:)